Kamis, 08 November 2012

Hacker


Hacker adalah seseorang yang memiliki kemakhiran teknis untuk memecahkan masalah dan membuat atau membangun sesuatu dengan segala batasan yang ada dengan cara yang kreatif dan baik. Sehingga dengan menjadi hacker, berarti juga ada hubungannya dengan hacker pola pikir, sikap hacker, milik budaya hacker – yang diakui oleh hacker lainnya. Hacker berbeda dengan cracker. Cracker adalah orang dengan kemampuan di atas rata-rata yan dengan kemampuannya itu digunakan untuk tujuan negatif atau bahkan destruktif.
Dasar-dasar atau cara untuk menjadi hacker adalah sebagai berikut :

1. Berpikirlah sebagai hacker

Untuk menjadi hacker anda harus berpikir bahwa anda adalah seorang hacker. Hacker memecahkan masalah dan membuat sesuatu dengan kreatif dan cara yang baik, sedangkan cracker
menghancurkannya.

2. Memiliki Keahlian yang baik

Sudah pasti untuk menjadi hacker anda harus memiliki keahlian atau skill yang baik. Bila anda belum punya keahlian bagus maka belajarlah dari hacker yang lain.

3. Sikap atau tingkah laku.

Hacker tidak hanya memiliki keahlian yang baik, tapi juga berpikir konstruktif.

4. Kuasai bahasa Inggris

Bahasa inggris sudah menjadi standar intenasional. Kuasai bahasa inggris sudah menjadi keharusan.

5. Kebebasan adalah mutlak.

Hacker secara alami anti-otoriter. Kebebasan memberikan kreatifitas. Otoriter akan membatasi kebebasan.

6. Dapatkan respek dari hacker lain.

Anda tidak sendirian menjadi hacker. Masih ada banyak hacker yang lain dengan bidang yang sama. Seorang hacker bisa jadi lebih baik dan lebih dihormati daripada Hacker yang lain. Seorang hacker bisa dihormati karena masalah yang pernah dipecahkan, atau pun menjadi “guru” bagi hacker yang lain.

7. Gaya

Buat ciri khas yang menjadi gaya anda sebagai seorang hacker. Saat hacker lain melihat karya anda tentunya mereka tahu bahwa itu adalah gaya anda. ;)

8. Etika

Ada etika yang berlaku dikomunitas hacker. Ikuti etika tersebut jika ingin diterima dalam komunitas. Komunitas sangat perlu bila anda memang ingin menjadi hacker.

9. Tidak Putus Asa

Dengan menjadi hacker berarti jangan mudah menyerah dan putus asa. Ingat, anda harus berpikir sebagai hacker.
bagaimana, anda mau menjadi hacker?!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar